Cara mengisi/input nilai Rapor dan US/USBN di Aplikasi Dapodik 2019

Cara mengisi/input nilai Rapor dan US/USBN di Aplikasi Dapodik 2019 - kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang cara mengisi nilai didapodik terbaru ini, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang cara instal aplikasi dapodik 2019 dan cara unduh prefill dapodik, akan tetapi kali ini admin akan mebahas khusus tentang cara mengerjakan atau input nilai rapor dan nilai US/USBN, sebenarnya pekerjaan ini dukhususkan bagi wali kelas, tetapi banyak juga sekolah yang menyerahkan penuh kepada operator sekolah, baik langsung ikuti langkah berikut ini.


Cara mengisi input nilai Rapor dan US USBN di Aplikasi Dapodik 2018 B

Prosedur Input Data Nilai Raport dan US/USBN di Dapodik 2019


Penginputan isian nilai untuk semester genap kembali diaktifkan. Untuk sekolah dengan jenjang SD menggunakan input nilai pada aplikasi Dapodikdasmen , sementara untuk jenjang SMP/SMA/SMK menggunakan aplikasi erapor yang telah disediakan oleh direktorat pembinaan masing-masing. Hasil penginputan erapor dapat langsung dimasukkan atau tersinkronisasi dengan aplikasi Dapodikdasmen

Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2019 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Penginputan nilai untuk masing-masing jenjang menggunakan aplikasi yang telah disediakan masing-masing direktorat pembinaan. Penginputan nilai yang langsung diisi dari aplikasi Dapodikdasmen dasmen versi 2019,

Menu nilai menggunakan data relasional, sehingga bergantung pada kelengkapan data relasinya. Dalam proses Untuk mengisi data nilai, terdapat beberapa data yang perlu dipastikan sudah tepat dan lengkap, yaitu:

  • Pemilihan Kurikulum di rombongan belajar (KTSP/Kurikulum 2013)
  • Anggota Rombongan Belajar
  • Pembelajaran

Persiapan data ini berguna untuk menghindari adanya error dikarenakan terdapat data relasi menu nilai yang tidak lengkap. Berikut adalah contoh peringatan karena belum diisinya data rombongan belajar dan pembelajaran.

Tabulasi nilai di aplikasi Dapodikdasmen menampilkan data penginputan nilai dari semester sebelumnya. Sekolah dapat menginput nilai sebelumnya dengan memilih semester yang akan diinput nilainya. Jika mata pelajaran yang akan diberikan nilai tidak tampil, maka penginputan nilai untuk mata pelajaran di semester tersebut tidak perlu diinput.

Cara mengisi Nilai Rapor di Aplikasi dapodik 2019


Untuk langkah-langkah cara mengisi nilai raport silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Download Prefill Rapor melalui link berikut ini : http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen_rapor_2018B/generate_prefill.php
  2. Setelah prefil rapor berhasil didownload silahkan simpan di Local disk C dengan diberi nama folder Prefill_Dapodik,
  3. Lakukan generat prefil dengan cara masuk ke aplikasi dapodik, pilih menu pengaturan dan klik prefill rapor maka akan otomatis data prefil akan masuk kedalam aplikasi dapodik.
  4. Silahkan masuk ke menu nilai untuk memulai penginputan nilai rapor.
  5. untuk mempercepat pengerjaan silahkan unduh file input nilai rapor berbentuk excel dan bagikan kepada wali kelas masing untuk mengisinya, berikut keterangan menu dalam input nilai rapor di aplikasi dapodik versi 2018 b

Menu input nilai rapor di aplikasi dapodik 2018 B
Menu input nilai rapor di aplikasi dapodik 2018 B

Nah itulah penjelasan tentang cara mengisi nilai rapor untuk  tahun pelajaran 2018/2019, untuk cara lengkapnya silahkan bisa anda download panduannya melalui link dibawah ini :

Download Panduan Lengkap cara mengisi Nilai Raport di Aplikasi Dapodik 2019 DISINI

Demikian postingan tentang Cara mengisi/input nilai Rapor dan US/USBN di Aplikasi Dapodik 2019 B, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait